ACTUALNEWS.ID Jakarta- Pengabdian kepada masyarakat (PKM) merupakan salah satu pilar utama dalam pendidikan tinggi, di mana mahasiswa tidak hanya dituntut untuk menguasai ilmu pengetahuan, tetapi juga berkontribusi secara langsung kepada masyarakat. Mahasiswa Universitas Pamulang, sebagai peserta PPL yang berkomitmen terhadap pengembangan karakter dan kecerdasan generasi muda, telah menjalin kerjasama dengan SMK Falatehan untuk menyelenggarakan kegiatan yang bertujuan untuk memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini tidak hanya merupakan bentuk penghormatan terhadap peristiwa penting dalam sejarah Islam, tetapi juga sebagai sarana untuk membentuk karakter generasi muda yang cerdas dan beradab.
Isra Miraj adalah perjalanan luar biasa yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW, yang mengandung banyak hikmah dan pelajaran bagi umat Islam. Dalam konteks ini, kegiatan yang diadakan di SMK Falatehan diharapkan dapat menjadi momen refleksi bagi para siswa untuk memahami dan menginternalisasi nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa tersebut. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), sekitar 87% penduduk Indonesia adalah Muslim, sehingga pemahaman yang baik tentang sejarah dan nilai-nilai Islam sangat penting untuk membentuk karakter bangsa (BPS, 2022).
Kegiatan ini juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan pendidikan karakter di kalangan generasi muda. Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, pemerintah menekankan pentingnya pendidikan karakter sebagai salah satu fokus utama dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2020). Oleh karena itu, Mahasiswa Universitas Pamulang yang sedang PPL di SMK Falatehan mengadakan kegiatan Isra Miraj ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi siswa/I di SMK Falatehan
B. Tujuan Kegiatan
Tujuan utama dari kegiatan Isra Miraj yang diselenggarakan oleh mahasiswa Universitas Pamulang dan SMK Falatehan adalah untuk menanamkan nilai-nilai karakter yang baik kepada siswa. Melalui pemahaman tentang peristiwa Isra Miraj, diharapkan siswa dapat mengambil hikmah yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu hikmah yang dapat diambil adalah pentingnya keteguhan iman dan kepercayaan kepada Tuhan, yang merupakan fondasi utama dalam membentuk karakter yang baik (Mulyadi, 2021).
Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya toleransi dan saling menghargai antar sesama. Dalam masyarakat yang majemuk seperti Indonesia, sikap toleransi sangat diperlukan untuk menciptakan kerukunan dan kedamaian. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI), sekitar 70% responden menyatakan bahwa toleransi antarumat beragama merupakan kunci untuk menjaga stabilitas sosial di Indonesia (LSI, 2021). Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi siswa untuk belajar dan berlatih sikap toleran.
Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam pengabdian kepada masyarakat. Melalui PKM, mahasiswa tidak hanya belajar teori di bangku kuliah, tetapi juga menerapkannya dalam praktik nyata. Hal ini sejalan dengan visi Universitas Pamulang untuk mencetak lulusan yang tidak hanya kompeten di bidang akademik, tetapi juga memiliki jiwa sosial yang tinggi. Menurut data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, partisipasi mahasiswa dalam kegiatan PKM dapat meningkatkan soft skills mereka, seperti kepemimpinan, komunikasi, dan kerja sama (Kemdikbud, 2020).
Dengan berbagai tujuan tersebut, kegiatan Isra Miraj ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan karakter siswa di SMK Falatehan serta meningkatkan kesadaran mahasiswa akan pentingnya pengabdian kepada masyarakat (PKM). Melalui kolaborasi ini, diharapkan tercipta sinergi yang baik antara mahasiswa dan siswa, sehingga dapat saling belajar dan mendukung dalam mencapai tujuan bersama.
C. Pelaksanaan Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan Isra Miraj ini dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk mahasiswa Universitas Pamulang, guru dan staf SMK Falatehan. Kegiatan ini diawali dengan persiapan yang matang, di mana mahasiswa melakukan koordinasi dengan pihak sekolah untuk menentukan format dan agenda acara. Menurut data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kolaborasi antara lembaga pendidikan tinggi dan sekolah menengah merupakan salah satu cara efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan (Kemdikbud, 2020).
Acara dimulai dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang berkaitan dengan Isra Miraj, diikuti dengan sambutan dari kepala sekolah dan Dosen Pembimbing sebagai perwakilan mahasiswa. Dalam sambutannya,Dosen Pembimbing Saepudin Karta Sasmita, M.Pd. menyampaikan pentingnya memiliki generasi yang cerdas dan beradab, karena cerdas saja tidak cukup utuk menjadi bangsa yang beradab begtu pula beradab tidak cukup tanpa memiliki kecerdasan,Bisa-bisa kita menjadi bangsa yang terus di bodoh-bodohi oleh bangsa lain.
kepala sekolah menekankan pentingnya memahami hikmah dari Isra Miraj sebagai upaya untuk lebih melaksanakan perintah kewajiban shalat 5 waktu bagi umat Nabi Muhammad SAW. Shalat merupakan ibadah yang dimulai dengan Takbir dan diakhiri dengan salam, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Ibadah shalat dinilai sah, jika syarat dan rukunnya terpenuhi, maka dari itu kita semua harus faham tentang rukun shalat, agar ibadah sholat kita tidak sia-sia.
Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai Isra Miraj yang disampaikan oleh Nara sumber (Penceramah) Ustadz Muhamad Ardian Yasin. Materi ini mencakup sejarah Isra Miraj, makna dan hikmah yang terkandung di dalamnya, serta penerapan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari,Baik di lingkungan keluarga,sekolah dan Masyarakat.
Selain pemaparan materi, kegiatan ini juga dilengkapi dengan diskusi interaktif, di mana siswa diberikan challenge untuk menjawab mengenai topik yang telah dibahas. challenge ini bertujuan untuk menggali pemahaman siswa lebih dalam dan memberikan ruang bagi mereka untuk mengungkapkan pendapat serta pandangan mereka. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Pendidikan Indonesia, diskusi interaktif dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran (UPI, 2021).
Sebagai penutup, kegiatan diakhiri dengan doa bersama. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kesan mendalam bagi siswa dan mendorong mereka untuk terus belajar dan mengamalkan nilai-nilai yang telah dipelajari. Dengan demikian, pelaksanaan kegiatan Isra Miraj ini tidak hanya sekadar seremonial, tetapi juga memberikan dampak positif bagi pengembangan karakter siswa di SMK Falatehan.
D. Penutup
Kegiatan Isra Miraj yang diselenggarakan oleh mahasiswa Universitas Pamulang dan SMK Falatehan merupakan salah satu contoh nyata dari pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang efektif. Melalui kegiatan ini, mahasiswa tidak hanya berkontribusi dalam penyebaran nilai-nilai agama, tetapi juga berperan aktif dalam pembentukan karakter generasi muda. Dengan menginternalisasi hikmah Isra Miraj, siswa diharapkan dapat menjadi pribadi yang cerdas, beradab, dan mampu berkontribusi positif bagi masyarakat.
Keberhasilan kegiatan ini menunjukkan pentingnya kolaborasi antara lembaga pendidikan tinggi dan sekolah menengah dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan karakter di Indonesia. Melalui sinergi ini, diharapkan akan muncul lebih banyak inisiatif yang dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan generasi muda. Dengan demikian, kegiatan seperti ini perlu terus didorong dan dikembangkan agar dapat menjangkau lebih banyak siswa dan masyarakat.
Sebagai penutup, mari kita terus berkomitmen untuk membangun generasi muda yang tidak hanya unggul dalam akademik, tetapi juga memiliki karakter yang baik. Dengan memahami dan mengamalkan hikmah dari Isra Miraj, kita dapat membentuk generasi yang siap menghadapi tantangan zaman dan berkontribusi bagi kemajuan bangsa.
Referensi
- Badan Pusat Statistik (BPS). (2022). Statistik Penduduk Indonesia.
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2020). Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.
- Lembaga Survei Indonesia (LSI). (2021). Survei Toleransi Beragama di Indonesia.
- Mulyadi, D. (2021). Hikmah Isra Miraj dalam Pembentukan Karakter.
- Kirkpatrick, D. L. (1994). Evaluating Training Programs: The Four Levels.
- Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). (2021). Pengaruh Diskusi Interaktif terhadap Pemahaman Siswa.Universitas Negeri Jakarta (UNJ). (2020). Pengalaman Praktis Mahasiswa dalam Pengabdian Masyarakat. penulis : Efi Susilawati