Friday, September 20, 2024

Program Gembok Kamtibmas, Polsek Metro Tamansari Bagikan 80 Gembok Gratis Untuk Warga Kepada Ketua RW Se-Kecamatan Tamansari.

ACTUALNEWS.ID, Jakarta Barat – Polsek Metro Tamansari Polres Metro Jakarta Barat melaunching program unggulan mereka, “Gembok Kamtibmas,” dengan membagikan sedikitnya 80 gembok  kepada Ketua RW Se – Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat, pada Rabu, 18/9/2024.

Program ini bertujuan untuk menekan angka pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang sering terjadi di wilayah tersebut.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol M. Syahduddi, menjelaskan bahwa pemberian gembok ini dilakukan sebagai salah satu langkah pencegahan aksi kejahatan, khususnya curanmor.

Program ini sudah mulai berjalan sejak hari sebelumnya.

“Program ini kami laksanakan sebagai bentuk respons atas keluhan warga yang kerap kehilangan motor. Dengan gembok kamtibmas ini, kami berharap bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat utk memasang gembok pengaman melindungi kendaraan mereka dari potensi pencurian,” ujar Syahduddi, Rabu, 17/9/2024.

Dalam pelaksanaannya, petugas dari Polsek Metro Tamansari seperti Bhabinkamtibmas akan memasang gembok pada kendaraan yang terparkir di area rawan, terutama di pinggir jalan.

Pemilik kendaraan dapat menghubungi petugas melalui nomor yang tertera pada sticker untuk membuka gembok kembali.

Selain itu, gembok-gembok ini juga akan dibagikan kepada pengurus wilayah seperti ketua RW.

Setiap RW di wilayah tersebut akan mendapatkan sedikitnya 10 gembok dan stiker utk kemudian melaksanakan kegiatan gembok kamtibmas diwilayahnya.

Kapolsek Metro Tamansari, Kompol Adhi Wananda, menambahkan bahwa program ini terbukti efektif dalam menekan angka pencurian kendaraan bermotor di wilayah Tamansari.

Dalam tiga bulan terakhir, sejak uji coba program ini, angka curanmor yang biasanya mencapai 25-26 kasus per bulan kini turun menjadi 10-15 kasus.

“Kami berharap program ini dapat terus berlanjut dan mampu memberikan rasa aman bagi warga Tamansari,” ujar Kompol Adhi.

Sementara itu, Camat Tamansari, Tumpal Matondang, memberikan apresiasi terhadap inisiatif pihak kepolisian dalam membantu warga mengatasi aksi kejahatan di wilayahnya.

Menurutnya, program gembok ~gratis~ Kamtibmas ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, sehingga masing-masing Ketua RW bisa melaksanakan utk mengantisipasi curanmor.

ACN/CAT/HMS/RED

Related Articles

[td_block_social_counter facebook="#" twitter="#" youtube="#" style="style8 td-social-boxed td-social-font-icons" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjM4IiwiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwb3J0cmFpdCI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzAiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBvcnRyYWl0X21heF93aWR0aCI6MTAxOCwicG9ydHJhaXRfbWluX3dpZHRoIjo3Njh9" custom_title="Stay Connected" block_template_id="td_block_template_8" f_header_font_family="712" f_header_font_transform="uppercase" f_header_font_weight="500" f_header_font_size="17" border_color="#dd3333"]

Latest Articles