Friday, February 7, 2025

Asparminas Ungkap Market Share Produk Minum Air Galon Bening Melonjak

ACTUALNEWS.ID Jakarta -Sekjen Asosiasi Produsen Air Minum Kemasan Nasional (Asparminas) Eko Susilo menyebutkan pangsa pasar air minum dalam kemasan (AMDK) produk dalam negeri mengalami peningkatan dalam periode satu tahun terakhir. Eko mengatakan, saat ini ada 1.200 pelaku industri air minum dalam kemasan, dengan volume air minum 35 miliar liter per tahun, 2.100 merek dan 7.000 lebih izin edar.

Data terbaru yang dikeluarkan Asparminas pada awal 2023 menunjukkan pertumbuhan pasar AMDK galon pada 2022 mencapai angka 4 persen sedangkan pemain besar yang dikuasai investasi asing cenderung stagnan.
“Artinya, pemain-pemain menengah dan kecil lainnya di luar pemain besar, telah berhasil melakukan inovasi dan meningkatkan daya saing, sehingga bisa merebut pasar dari pemain besar,” katanya melalui keterangan tertulis yang diterima.

Sumber : Antara https://www.antaranews.com/berita/3446343/pangsa-pasar-amdk-produksi-lokal-meningkat

Belakangan keberhasilan brand local dalam merebut pasar market leader berbuah perang komunikasi tiada henti. Termasuk dalam hal isu lingkungan. Le Minerale dicap tidak peduli lingkungan karena menggunakan gallon sekali pakai. Padahal, sang market leader Danone Aqua pun sudah menjadi pencemar limbah plastic nomor wahid saat ini. Laporan LSM Sungai Watch yang berbasis di Bali dengan tajuk Sungai Watch Impact Report 2022 jelas mengonfirmasi hal tersebut.

Sumber Sungai Watch:
https://www.canva.com/design/DAFaHIwBG80/2xd9fWx65Myt3K2EooEcRw/view?utm_content=DAFaHIwBG80&utm_campaign=designshare&utm_medium=link&utm_source=viewer#1

Yang memprihatinkan sejumlah media nampaknya cukup brutal dalam menerjemahkan pesan komunikasi dari ‘sponsornya’. Hal ini bisa dilihat dari pemuatan berita di situs berita local Mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com. Salah satu media jejaring PR Grup ini sempat memuat berita yang lebih mirip black campaign pada awal Mei 2023. Namun beberapa waktu kemudian berita tersebut hilang. Pun demikian tangkapan layarnya berhasil didapatkan. https://mantrasukabumi.pikiran-rakyat.com/kesehatan/pr-206663123/yakin-masih-mau-minum-inilah-5-bahaya-tersembunyi-air-mineral-le-minerale-yang-wajib-kamu-tahu

Terbaru, peluru black campaign juga ditembakkan ke media social. Dengan sejumlah influencer yang memuat kemitraan berbayar menyiarkan konten yang mendiskreditkan berbagai air mineral, selain merek si pemimpin pasar tentunya. Dengan tampilan demikian, sudah jelas tentunya siapa dalang di baliknya. Simak saja konten Tiktok dari @prazteguh yang dengan jelas dan nyata mendiskreditkan brand lain menimbulkan rasa pahit dan lain sebagainya seraya hanya memuji satu brand, yakni Aqua.(ACN/indah/red)

Sumber : Tiktok @prazteguh (3)Seru juga review air mineral! Kalian bisa bedain gak rasa air? atau ud… | TikTok

Related Articles

[td_block_social_counter facebook="#" twitter="#" youtube="#" style="style8 td-social-boxed td-social-font-icons" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjM4IiwiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwb3J0cmFpdCI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzAiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBvcnRyYWl0X21heF93aWR0aCI6MTAxOCwicG9ydHJhaXRfbWluX3dpZHRoIjo3Njh9" custom_title="Stay Connected" block_template_id="td_block_template_8" f_header_font_family="712" f_header_font_transform="uppercase" f_header_font_weight="500" f_header_font_size="17" border_color="#dd3333"]

Latest Articles